Jenis Grade System Pada Gundam

Gundam red astray

Ketahui 5 jenis Gundam yang ada agar tidak salah pilih!

Pastinya sudah tidak asing lagi dengan Gunpla bukan? Mainan favorit para kolektor dan pencinta anime sejak tahun 1980 ini memang terhitung masih memiliki banyak peminat. Gunpla yang merupakan singkatan dari Gundam Plastic Model Kit adalah mainan yang berasal dari anime dan manga Jepang dengan judul yang sama yaitu Gundam.

Manga dan anime Gundam sendiri adalah series yang memiliki team mecha atau real robot. Gunpla pertama kali diciptakan pada tahun 1980 oleh Bandai yang memiliki lisensi eksklusif dunia atas produksi Gunpla. Banyak hal menarik yang datang dari Gunpla, seperti Gunpla memiliki beberapa kelas atau yang disebut sebagai grade yang berbeda untuk tiap rilisannya.
Penasaran grade apa saja? Cek dibawah ini!
GRADE NO 1: HIGH GRADE (HG)

Grade Gunpla HG sangat cocok bagi Sobat Shopee yang masih newbie dalam hal Gunpla. Memiliki skala 1/144, Gunpla HG biasanya mempunyai tinggi sekita 12-13 cm. Selain itu, detail yang ada pada Gunpla HG masih terbilang biasa dan pergerakan sendinya pun masih terbatas pada model ini.
Selain itu, Gunpla HG juga adalah salah satu kit rilis yang paling lengkap dan biasanya Gunpla yang rilis dalam bentuk HG belum tentu tersedia dalam grade lainnya.
GRADE NO 2: MASTER GRADE (MG)

Grade ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1995 dan diproduksi dalam skala 1:100 dan ukurannya lebih besar dibandingkan dengan HG, sekitar 15-18 cm. Diproduksi dengan material yang lebih baik dari material HG, harga Gunpla MG cenderung lebih pricey dan durasi waktu merakitnya pun lebih lama dibandingkan HG.
Selain itu yang membuat MG dikatakan sebagai versi lebih baik dari HG adalah rangkanya yang menggunakan inner frame dan sudah dilengkapi dengan sticker decals dan markings untuk menambahkan karakter Gunplanya lebih kuat.
GRADE NO 3: REAL GRADE (RG)

Memiliki skala 1/144, Gunpla ini terkenal dengan detail yang luar biasa dan pergerakan sendinya pun sudah sangat canggih sehingga untuk merakit Gunpla ini membutuhkan keahlian khusus dan untuk para newbie tidak disarankan untuk mencoba RG sebelum mencoba merakit HG atau MG.
GRADE NO 4: PERFECT GRADE (PG)

Salah satu jenis Gunpla yang menjadi favorit banyak kolektor dan tidak jarang dinominasikan seabgai Gunpla dengan kualitas terbaik yang pernah ada. Pertama kali dibuat pada tahun 1998 dengan skala 1:60 membuat Gunplan ini membutuhkan keahlian khusus untuk merakitnya bahkan tidak jarang butuh bantuan alat seperti obeng.
Selain itu, biasanya Gunpla PG juga tidak dijual ke pasaran dalam kuantitas yang besar dan harganya pun bisa mencapai jutaan rupiah.
GRADE NO 5: SUPER DEFORMED (SD)

Gunpla yang dinominasikan dengan bentuk super lucu karena perbandingannya 1:1 dan memiliki tingkat kemudahan perakitan sangat mudah. Selain itu bentuknya pun sangat menggemaskan, dengan kepalanya yang besar dan tubuh yang kecil membuat Gunpla SD kerap kali dibilang sebagai Gunpla Chibi.

Sumber:https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/gundam-101-wajib-tahu-ini-jenis-grade-system-pada-gundam/

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*