Perkembangbiakan Hewan

Hewan berkembang biak untuk menghasilkan keturunan dan melestarikan jenisnya. Cara perkembangbiakan hewan di bagi menjadi 3, yaitu bertelur (ovipar), melahirkan (vivipar), dan bertelur dan melahirkan (ovovivipar).

1.bertelur (ovipar)

Perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur disebut ovipar. Ovipar berasal dari kata ovum (telur). Sel telur dari hewan betina dubuahi oleh sel sperma yang dihasilkan hewan jantan. Pembuahan dapat terjadi di dalam tubuh (internal) ataau terjadi di luar tubuh (eksternal). Ayam, burung, ikan, katak, dan serangga merupakan contoh hewan berkembang biak dengan caara bertelur.

a. Unggas (Bangsa Burung)
Pada unggas, pertumbuahan dan perkembangan embrio terjadi di luar tubuh induknya. Embrio itu dibungkus dan dilindungi oleh cangkang. Embrio di dalam telur ini dilengkapi dengan kuning telur. Kuning telur digunakan sebagai cadangan makanan untuk perkembangan embrio. Jika embrio telah tumbuh sempurna, telur akan menetas dan keluarlah individu baru. hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur disebut ovipar. Ayam, bebek, dan burung merupkan contoh hewan bertelur.

b. Ikan dan Katak
Ikan dan katak tidak mengerami telurnya. Telur kedua hewan itu akan menetas sendiri. Pembuahan pada ikan dan katak terjadi di luar tubuh. Pembuahan di luar tubuh terjadi karena pengggabunagn sel telur dan sperma terjadi di luar tubuh induknya.

Di dalam air, hewna betina mengelurakan ovum dan diiikuti dengan dengan hewan jantan mengeluarkan sperma. Jika kedua sel kelamin itu bertemu, terjadilah pembuahan yang kemudian berkembang menjadi individu baru

2. Melahirkan (Vivipar)

Pada hewan yang melahirkan, sel telur dubuahi oleh sperma di dalam tubuh induknya. Pertumbuhan dan perkembangan embrio terjadi di dalam tubuh induknya. Embrio akan berada di dalam tubuh induknya sampai waktunya dilahirkan

Hewan yang melahirkan memiliki rahim(uterus), yaitu tempat untuk berkembangnya embrio (sel telur yang telah dibuahi). Embrio di dalam uterusmendapatkan makanan melalui plasenta yang berhubungan dengan tubuh induknya.

Hewan yang berkembang biak secara melahirkan disebut vivipar, contoh hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan adalah kucjng, sapi, kambing dan singa.

3. Bertelur – Melahirkan (Ovovivipar)

Selain hewan ovipar dan vivipar ada juga hewan yang dapat bertelur-melahirkan . Hewan demikian disebut dengan ovovivipar. Pada hewan tersebut , setelah terjadi pembuahan, telur terus berkembang di dalam tubuh induk. Makanan yangdibutuhkan embrio tidak berasal dari tubuh induk. Akan tetapi, makanan berasal dari cadangan makanan di dalam telur. Setelah tiba waktunya dilahirkan, anaknya akan keluar dari tubuh induknya. contoh hewan ovovivipar adalah kadal, ikan pari, dan beberapa jenis ular. Indivdu yang baru menetas tidak disusui induknya.

Sekian, Semoga Bermanfaat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*