Wawancara

A. Pengertian wawancara

Wawancara adalah suatu cara untuk mengumpulkan data atau memperoleh informasi dengan mengajukan pertanyaan langsung kepada narasumber

b. tujuan wawancara

1. Untuk mendapatkan informasi secara langsung dalam mendeskripsikan dan menjelaskan suatu situasi dan kondisi tertentu.
2. Untuk mendapatkan data agar dapat memberikan pengaruh terhadap situasi atau orang tertentu
3. Untuk melengkapi suatu penelitian ilmiah atau penyelidikan.

Dari tiga tujuan utama yang dijelaskan di atas, tentu tujuan paling utama dari wawancara adalah untuk mendapatkan informasi secara langsung dalam mendeskripsikan dan menjelaskan suatu situasi dan kondisi tertentu. Transkrip atau data dari hasil wawancara akan dijadikan salah satu dasar pertimbangan yang berkaitan dengan keperluan tujuan wawancara dilakukan. Tujuan wawancara tersebut merupakan tujuan wawancara yang paling sering dilakukan dan sering ditemukan dalam dunia kerja dan penerimaan sekolah. Misalnya untuk penerimaan kerja, penerimaan siswa hingga mahasiswa, dan lain sebagainya.

Nah, tidak hanya untuk mendapatkan informasi secara langsung tentang suatu dan kondisi tertentu. Wawancara juga bisa dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan data untuk memberikan pengaruh dalam situasi atau orang tertentu. Tujuan wawancara ini biasanya dilakukan untuk acara-acara kelembagaan atau bahkan hiburan. Misalnya, seperti wawancara bersama kepala negara atau wawancara bersama tokoh inspirasi nasional. Wawancara tersebut dapat memberikan dampak terhadap situasi dan kondisi para pendengar.

Selain dua tujuan sebelumnya, wawancara memiliki tujuan untuk melengkapi suatu penelitian atau penyelidikan ilmiah. Wawancara sendiri terhitung sebagai salah satu cara yang paling sering digunakan oleh para peneliti dalam mengambil dan mengumpulkan data atau informasi. Berbeda dengan peneliti, tujuan wawancara bagi jurnalis atau reporter dan polisi adalah memperoleh informasi agar proses penyelidikan dapat segera terungkap dan terselesaikan.

Bentuk wawancara[sunting | sunting sumber]

Bentuk-bentuk wawancara antara lain:

  1. Wawancara berita dilakukan untuk mencari bahan berita.
  2. Wawancara dengan pertanyaan yang disiapkan terlebih dahulu.
  3. Wawancara telepon yaitu wawancara yang dilakukan lewat pesawat telepon.
  4. Wawancara pribadi.
  5. Wawancara dengan banyak orang.
  6. Wawancara dadakan / mendesak.
  7. Wawancara kelompok di mana serombongan wartawan mewawancarai seorang, pejabat, seniman, olahragawan dan sebagainya.

Sukses tidaknya wawancara selain ditentukan oleh sikap wartawan juga ditentukan oleh perilaku, penampilan, dan sikap wartawan. Sikap yang baik biasanya mengundang simpatik dan akan membuat suasana wawancara akan berlangsung akrab alias komunikatif. Wawancara yang komunikatif dan hidup ikut ditentukan oleh penguasaan permasalahan dan informasi seputar materi topik pembicaraan baik oleh nara sumber maupun wartawan.

sumber

https://www.gramedia.com/literasi/tujuan-wawancara-dan-cara-melakukannya/
https://id.wikipedia.org/wiki/Wawancara


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*